Maverick Versi Netbook

Posted on 3 November 2010

16



Sebelum saya lanjutkan tulisan saya, perkenankan saya menyampaikan rasa prihatin dan duka yang mendalam atas bencana yang bertubi-tubi melanda bangsa ini.
Baiklah, mari kita mulai!
Setelah saya berhasil memasang Ubuntu 10.10 (Maverick Merkaat) Versi Netbook di netbook istri saya, ada beberapa hal yang mengganjal. Berikut ulasannya.
Pertama, Tampilan halaman utama (dekstop)-nya tidak seperti yang saya pelajari pada Ubuntu 9.10 (Carmic Koala). Ini bagi saya tidak masalah. Pasti ini adalah karena versi baru, jadi tampilannya berbeda. Inilah tampilannya:
Kedua, panel yang ada hanya dua, yaitu panel kiri sebagai pannel utama dan panel atas sebagai systray panel. Sepengetahuan saya, panel dapat ditambah dengan klik kanan pada panel lalu pilih “add new panel”. Tetapi saat saya mencoba klik kanan, ternyata tidak bisa. Di layar backgrund dekstop pun tidak bisa Ada apa ini?
Ketiga, saat saya mencoba mengeset visual efect, ternyata tidak bisa. berikut tampilannya:
“Nha… bagaimana nih,” pikirku.
Lalu saya mencari informasi ke sana ke mari. Setelah bertanya pada beberapa teman dan kenalan, akhirnya saya dapat jawaban dari MHC. Darinya, kudapat informasi yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Berikut penjelasannya:
1. Kalau yang versi netbook, memang fiturnya lebih sederhana. Panelnya juga hanya atas dan kiri, tidak bisa ditambah lagi.
2. Untuk visual effect, tidak bisa dijalankan karena aplikasi mutter jalan di situ. Mutter adalah aplikasi grafis untuk netbook. Aplikasi grafis ini lebih sederhana, disesuaikan dengan kemampuan netbook.
Dengan demikian, pertanyaan saya telah terjawab. Ternyata, memang motto ubuntu 10.10 versi netbook adalah: Ubuntu Netbook is a simple, secure and reliable way to use your netbook. Untuk lebih mengetahui tentang fitur-fitur pada Ubuntu Netbook, silakan lihat di sini.
Posted in: Open Source